Tautan-tautan Akses

Video Musik 'Thriller' Michael Jackson Diputar di Festival Film Venesia


Mendiang Michael Jackson dalam salah satu penampilannya pada tahun 1984 (foto: dok).
Mendiang Michael Jackson dalam salah satu penampilannya pada tahun 1984 (foto: dok).

Sutradara John Landis hari Senin (4/9) mengatakan ia masih sedih dengan kematian Michael Jackson, tetapi pemutaran video musik “Thriller” dalam Festival Film Venesia di Italia, menjadi kesempatan untuk merayakan kehidupan musisi itu.

Video musik tiga dimensi “Thriller” milik Michael Jackson yang merupakan video musik arahan Landis yang telah disempurnakan, dan diputar bersama film dokumenter tentang kejadian-kejadian di balik layar, dan belum pernah diputar di bioskop sebelumnya.

Landis mengatakan pada wartawan di Venesia bahwa kematian Jackson pada tahun 2009 – dalam usia 50 tahun – merupakan tragedi bagi keluarga, sahat dan dunia. “Ia benar-benar seorang penghibur yang sangat jarang, ia brilyan dan sosok yang tragis. Saya sedih mendengar kematiannya dan saya masih sedih dengan hal itu,” ujar Landis.

Video musik “Thriller” yang berdurasi 14 menit dan dirilis tahun 1983 itu merujuk pada kecintaan Jackson pada film Landis “An American Werewolf in London”, dan hasrat Raja Musik Pop itu untuk berperan sebagai monster di layar lebar.

Landis mengatakan teknologi modern telah membuatnya bisa menggabungkan suara dan memperbaiki visual yang ada, sambil mengubahnya ke format tiga dimensi sehingga penonton kini bisa “merasakan apa yang Michael Jackson harapkan bisa dirasakan penonton.”

“Satu-satunya kekecewaan saya adalah Michael Jackson tidak berada disini untuk melihat dan mendengarnya, padahal saya rasa ia pasti suka,” ujar Landis.

Landis mengatakan film dokumenter di balik layar yang ikut diputar bersama “Thriller” menunjukkan Jackson “sangat bahagia dan gembira” pada masa puncak kreativitasnya.

“Pemutaran di Venesia ini adalah perayaan Michael Jackson yang tidak saya perkirakan, dan ini sangat emosional bagi saya,” tambah Landis. [em/jm]

XS
SM
MD
LG