Tautan-tautan Akses

Bill Cosby Sewa Pengacara Michael Jackson untuk Kasus Penyerangan Seksual


Bill Cosby tiba untuk persidangan kasus penyerangan seksual di gedung pengadilan Montgomery County di Norristown, 13 June 2017. (AP Photo/Patrick Semansky)

Pengacara yang pernah sukses membela Michael Jackson untuk kasus pelecehan seksual pada anak, akan membela Bill Cosby pada saat persidangan ulang untuk dakwaan penyerangan seksual tahun ini, kata juru bicara aktor komedi ini seperti dilaporkan Reuters hari Senin (21/8).

Tom Mesereau, salah seorang dari tiga pengacara dalam tim kuasa hukum Cosby yang baru. Ia terkenal karena telah membebaskan bintang pop Jackson dalam persidangan dengan dakwaan pelecehan anak di California pada tahun 2005.

Cosby yang berusia 80 tahun, menjadi aktor kesayangan pemirsa televisi di Amerika Serikat karena akting komedinya yang ramah keluarga, sebelum puluhan perempuan muncul dan menuduhnya melakukan serangkaian serangan seksual sejak tahun 1960an.

Ia dijadwalkan untuk hadir dalam persidangan ulang tanggal 6 November untuk dakwaan melakukan penyerangan seksual terhadap Andrea Constand, seorang pegawai administrasi di almamaternya Universitas Temple, di kediaman Cosby di Philadelphia tahun 2004.

Cosby menolak segala tuduhan dengan mengatakan hubungan seksual yang mungkin ia lakukan dengan para penuduhnya dilakukan atas dasar suka sama suka.

Para juri yang mendengar persidangan pertama Cosby dalam kasus Constand tidak dapat mencapai keputusan dan Hakim Peradilan Umum Pengadilan Negeri Montgomery Steven O'Neill menyatakan gagalnya persidangan di bulan Mei setelah 52 jam perundingan yang sering berlanjut sampai larut malam.

Selain Mesereau, pengacara lainnya Kathleen Bliss dan Sam Silver juga akan membela Cosby, tambah Andrew Wyatt, humas Cosby dalam pernyataannya.

Cosby dijadwalkan hadir di persidanga hari Selasa (22/8) untuk pemeriksaan perubahan tim kuasa hukumnya setelah dua pengacara sebelumnya, Brian McMonagle dan Angela Agrusa, mundur.

Karir Cosby mencapai puncaknya pada tahun 1980an ketika ia terkenal dengan reputasinya sebagai “ayah terfavorit di Amerika” untuk perannya sebagai Heathcliff Huxtable dalam serial TV populer “The Cosby show.”

Sementara puluhan perempuan telah menuduh Cosby menyerang mereka, yang terkadang setelah memberikan mereka obat dan alkohol, semua kecuali satu insiden yang diduga sudah terlalu lama untuk menjadi subyek penuntutan pidana. Ia didakwa untuk kasus Constand pada bulan Desember 2015, hanya beberapa hari sebelum batas waktu tuntutannya habis. [fw/as]

XS
SM
MD
LG