Tautan-tautan Akses

Utusan PBB Desak Solusi Cepat untuk Krisis Al-Aqsa


Nickolay Mladenov, utusan PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah (foto: dok).

Utusan PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah menyerukan sebuah resolusi cepat untuk mengatasi krisis saat ini di sekitar masjid Al-Aqsa, yang juga dikenal sebagai Bukit Bait Suci, di Yerusalem.

"Sangat penting bahwa solusi krisis saat ini dapat ditemukan sebelum Jumat minggu ini," kata Nickolay Mladenov kepada wartawan setelah diskusi tertutup dengan anggota Dewan Keamanan PBB.

"Saya pikir bahaya di lapangan akan meningkat jika kita melewati satu lagi sholat Jumat tanpa resolusi untuk krisis saat ini."

Mladenov mengatakan sangat penting bahwa “status quo” yang telah ada di Yerusalem sejak 1967 dipelihara, dan dia mendesak orang-orang Israel dan Palestina untuk menahan diri dari tindakan provokatif.

Ketegangan meningkat dalam beberapa minggu terakhir antara Israel dan Palestina setelah Israel memasang detektor logam dan kamera keamanan di lokasi suci tersebut menyusul penembakan oleh tiga orang Palestina yang menewaskan dua polisi Israel di sana.

Warga Palestina menganggap tindakan tersebut sebagai penghinaan terhadap umat Islam, meningkatkan ketegangan mengenai siapa yang mengendalikan kompleks yang diperebutkan tersebut. Perancis, bersama Swedia dan Mesir, menyerukan diskusi tertutup itu Senin setelah kekerasan meningkat sejak Jumat lalu. [as]

XS
SM
MD
LG