Tautan-tautan Akses

Usaha Penyelamatan Berlanjut di Daerah Gempa di Tiongkok


Lebih 11.000 orang cedera dan 243 lainnya hilang akibat gempa 6,9 SR di kabupaten Yushu di provinsi Qinghai.

Usaha-usaha penyelamatan terus dilakukan di Tiongkok Barat, dengan harapan menemukan lagi orang-orang yang selamat setelah terjadi gempa bumi pekan ini yang menyebabkan sekurang-kurangnya 760 orang tewas.

Lebih 11.000 orang cedera dan 243 lainnya hilang setelah terjadi gempa 6,9 SR hari Rabu. Gemp tersebut berpusat di kabupaten Yushu di provinsi Qinghai, yang berbatasan dengan Tibet. Gempa itu merubuhkan gedung-gedung, menghancurkan jalan-jalan dan memadamkan listrik. Ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Seorang pejabat di Kementerian Urusan Sipil mengatakan bantuan medis, makanan dan tempat pengungsian merupakan prioritas utama untuk orang-orang di daerah gempa.

Orang-orang yang selamat dan para petugas penyelamatan sedang berjuang menghadapi suhu yang sangat dingin dan gangguan kesehatan akibat berada di tempat yang tinggi. Daerah tersebut terletak di Dataran Tinggi Tibet, sekitar 4000 meter di atas permukaan laut.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengunjungi daerah itu hari Kamis untuk menilai kerusakan dan bertemu dengan orang-orang yang selamat. Presiden Hu Jintao mempersingkat kunjungannya di Amerika Latin supaya dapat segera kembali ke Tiongkok.

XS
SM
MD
LG