Tautan-tautan Akses

Korban Jiwa Gempa Bumi Tiongkok Jadi 1144


Lebih dari 1.000 orang yang luka berat telah dibawa keluar dari daerah yang dilanda gempa itu ke rumah sakit.

Jumlah yang meninggal dari gempabumi yang kuat pekan ini di Tiongkok barat-laut telah meningkat ke 1144, sementara pencarian korban yang masih hidup diteruskan.

Kementerian Kesehatan Tiongkok mengatakan hari Jumat bahwa lebih dari 1.000 orang yang luka berat telah dibawa keluar dari daerah yang dilanda gempa itu ke rumah sakit yang mempunyai sarana medis yang lebih baik.

Lebih dari 11.000 orang luka-luka dalam gempa 6,9 skala Richter hari Rabu di daerah Yushu, provinsi Qinghai. Kira-kira 300 masih hilang.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menyelesaikan kunjungan dua hari di daerah yang dilanda gempa itu hari Jumat. Ia mengatakan seluruh negara berduka-cita bagi korban gempa bumi itu, banyak dari mereka adalah suku Tibet.

Petugas pertolongan, termasuk bhiksu Buddha Tibet, sedang mencari orang-orang yang masih hidup dibawah reruntuhan. Ketinggian daerah Yushu dan suhunya yang sangat dingin sedang menghambat usaha pertolongan.

Kantor berita pemerintah Xinhua mengutip pejabat kesehatan pemerintah mengatakan belum ada tanda-tanda wabah ditemukan di daerah gempa sebegitu jauh.

XS
SM
MD
LG