Tautan-tautan Akses

UNICEF: Yaman Tempat Terburuk di Dunia bagi Anak-anak 


Geert Cappelaere, Direktur Timur Tengah UNICEF (foto: dok).

Direktur Timur Tengah UNICEF menyebut Yaman sebagai salah satu tempat terburuk dunia bagi anak dan mendesak semua pihak yang terlibat dalam konflik untuk mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan kesana.

Geert Cappelaere mengatakan kepada para wartawan di Amman, Yordania hari Minggu (26/11) bahwa UNICEF berhasil mengantar dua juta dosis vaksin ke bandara Sana'a hari Sabtu, tapi akses semacam itu seharusnya jangan “satu kali” saja.

Cappelaere mengatakan lebih banyak pasokan diperlukan dan bahwa kapal-kapal yang mengantar makanan, tablet klorin untuk air minum, serta obat-obatan bagi penyakit diare dan kolera sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan Hodeida.

Koalisi pimpinan Saudi yang berupaya mengusir para pemberontak Houthi yang didukung Iran dari Sana’a, pekan lalu berjanji untuk melonggarkan blokade di bandara dan Hodeida.

Koalisi itu menutup fasilitas-fasilitas tersebut hampir tiga minggu lalu untuk merespon sebuah serangan rudal Houthi dekat bandara itu di Riyadh. Saudi berhasil mencegat rudal itu.

Arab Saudi menuduh Iran berada di balik serangan rudal itu, tapi Iran membantah bahwa mereka mempersenjatai Houthi. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG