Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Adopsi Kesepakatan Dagang dengan Vietnam Meski Prihatinkan HAM


Parlemen Uni Eropa menyetujui kesepakatan perdagangan bebas dan kesepakatan investasi dengan Vietnam yang akan menghapus semua tarif selama 10 tahun ke depan, Rabu (12/2).

Parlemen Uni Eropa secara meyakinkan menyetujui kesepakatan perdagangan bebas dan kesepakatan investasi dengan Vietnam yang akan menghapus semua tarif selama 10 tahun ke depan, meskipun ada keprihatinan mengenai situasi HAM di negara itu.

Setelah sebuah komisi perdagangan berpengaruh merekomendasikan bulan lalu bahwa kedua kesepakatan itu seharusnya diadopsi, para legislator setuju untuk mendukung kesepakatan perdagangan bebas, Rabu (12/2), dengan 401 suara setuju, 192 menolak dan 40 abstain. Kesepakatan proteksi investasi yang menyediakan sistem penyelesaian sengketa didukung oleh 407 legislator.

Uni Eropa berharap kesepakatan ini akan membuahkan tambahan ekspor setiap tahunnya dari Vietnam ke benua itu senilai 15,5 miliar dolar, sementara ekspor Uni Eropa ke Vietnam akan bertambah hampir sembilan miliar dolar setiap tahunnya.

Vietnam umumnya mengekspor peralatan tekekomunikasi, makanan, dan pakaian ke Eropa, sementara ekspor Uni Eropa ke negara Asia Tenggara itu mencakup mesin, peralatan transportasi, bahan kimia dan produk pertanian. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG