Tautan-tautan Akses

Tulisan Tangan Einstein soal 'Tuhan dan Agama' Dilelang $1,5 Juta


Salah satu tulisan tangan Albert Einstein yang terjual di rumah lelang di Yerusalem, Maret tahun ini (foto: ilustrasi).
Salah satu tulisan tangan Albert Einstein yang terjual di rumah lelang di Yerusalem, Maret tahun ini (foto: ilustrasi).

Sebuah surat tulisan tangan dari Albert Einstein mengenai pemikirannya tentang Tuhan, agama dan pencarian maknanya akan dijual di New York, senilai hingga 1,5 juta dolar, kata rumah lelang Christie hari Rabu (3/10).

Ditulis tahun 1955 setahun sebelum ahli fisika legendaris yang namanya identik dengan genius itu meninggal. Einstein menulis dalam bahasa Jerman dari Princeton, New Jersey kepada filsuf Jerman, Eric Gutkind.

"Kata Tuhan bagi saya tidak lain hanyalah ekspresi dan produk kelemahan manusia, Alkitab adalah kumpulan legenda yang mulia tetapi masih agak primitif," tulis ahli fisika, yang paling dikenal karena teori relativitasnya.

"Tidak ada interpretasi, tidak peduli seberapa halusnya yang bisa (bagi saya) mengubah apa pun mengenai hal ini."

Surat satu setengah halaman itu akan dilelang pada tanggal 4 Desember yang oleh rumah lelang Christie diperkirakan terjual antara 1 juta hingga 1,5 juta dolar.

Surat itu sebelumnya ditawarkan pada lelang tahun 2008, dibeli oleh seorang kolektor pribadi seharga 404.000 dolar, kata rumah lelang itu.

"Surat itu merupakan salah satu pernyataan definitif dalam perdebatan agama vs ilmu pengetahuan," kata Peter Klarnet, spesialis senior dalam buku-buku dan manuskrip di rumah lelang itu.

Einstein seorang putra Yahudi dari Eropa tengah dan timur (Ashkenazi), yang sekuler terpaksa melarikan diri dari Jerman setelah Adolf Hitler mengambil alih kekuasaan, Einstein tidak mengecualikan Yudaisme dari kritiknya. (my)

Recommended

XS
SM
MD
LG