Tautan-tautan Akses

Surat Einstein untuk Ilmuwan Perempuan Italia Dilelang


Sebuat catatan yang ditulis oleh Albert Einstein untuk mahasiswa kimia asal Italia, Elisabetta Piccini, di Florence, Italia, pada 1921 dipamerkan sebelum dijual dalam lelang di Yerusalem, 6 Maret 2018.

Surat yang ditulis Albert Einstein kepada seorang ilmuwan perempuan Italia, yang menolak bertemu dengan Einstein, terjual dalam lelang pada Selasa (6/3). Surat itu dilelang bersama dengan beberapa surat-surat lain milik fisikawan terkenal itu.

Surat dalam bahasa Jerman, bahasa ibu Einstein, yang ditandatangani Einstein dan tertanggal Oktober 1921, berhasil terjual seharga $6.100 di Winner's Auctions & Exhibitions, di Yerusalem.

Balai lelang itu mengatakan Einstein, yang ketika itu berusia 42 tahun dan tak lama kemudian memenangkan Hadiah Nobel, menulis surat kepada Elisabetta Piccini, seorang mahasiswa kimia yang berumur setengah dari usia Einstein. Piccini tingga satu lantai di atas apartemen kakak Einstein, Maja, di Florence.

Ketika mengunjungi kota itu, "Einstein sangat tertarik bertemu dengannya (Piccini). Namun Elisabetta adalah sosok tertutup dan malu bertemu dengan tokoh terkenal," kata Winner dalam situs webnya.

Barang milik Einstein yang juga terjual pada lelang Selasa adalah catatan pada 1928 berisi gagasan Einstein mengenai "Tahap Ketiga Teori Relativitas," yang dihargai $103 ribu. Sebuah surat yang ditulis Einstein pada 1946 untuk menyemangati seorang veteran Perang Dunia II asal Amerika yang ingin menjadi ilmuwan, juga terjual seharga $6.100.

Oktober tahun lalu, Winner juga menjual surat Einstein yang ditulis pada 1922. Surat yang terjual seharga $1,3 juta itu, berisi perenungan tentang arti kebahagiaan yang dia tulis ketika mengetahui dia telah memenangkan Hadiah Nobel. [ft]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG