Tautan-tautan Akses

Fisikawan Stephen Hawking Wafat


Stephen Hawking. (Foto:Dok)
Stephen Hawking. (Foto:Dok)

Stephen Hawking, fisikawan Inggris dan pengarang buku ‘Sejarah Singkat Waktu’ (A Brief History of Time), wafat pada usia 76 tahun, menurut keterangan juru bicara keluarga, Associated Press dan AFP melaporkan.

“Dia adalah ilmuwan besar dan pribadi luar biasa yang karya dan warisannya akan hidup untuk tahun-tahun mendatang,” kata anak-anak Hawking, Lucy, Robert dan Tim dalam sebuah pernyataan.

Fisikawan teoritis terbaik pada masanya, Hawking menulis dengan jernih misteri mengenai ruang, waktu dan lubang hitam dalam bukunya “Sejarah Singkat Waktu.” Buku “Sejarah Singkat Waktu” menjadi salah satu buku internasional paling laris dan melontarkan Hawking menjadi salah satu ilmuwan ternama sejak Albert Einstein, menurut Associated Press.

Baca: Situs Universitas Cambridge Macet Setelah Unggah Tesis Hawking

Meski didera penyakit amyotrophic lateral sclerosis, atau ALS yang biasanya fatal, ketika dia berumur 21 tahun, Hawking mengejutkan para dokter dengan bertahan hidup hingga lebih dari 50 tahun.

Fisikawan Selebritas

Ketika berusia 32 tahun, Hawking menjadi anggota termuda Royal Society, lembaga ilmu pengetahuan prestisius di Inggris, pada 1974, menurut laporan AFP. Lima tahun kemudian, dia diangkat menjadi Profesor Matematika Lucasian di Universitas Cambridge. Dia pindah dari Universitas Oxford ke Cambridge untuk belajar teori astronomi dan kosmologi.

Pemegang gelar Profesor Matematika Lucasian sebelumnya adalah ilmuwan Inggris, Isaac Newton.

Jane Wilde Hawking (tengah) mencium mantan suaminya, ahli fisika Stephen Hawking, pada pemutaran perdana di Inggris film "The Theory of Everything" yang diambil dari kisah hidup Stephen Hawking, di London, 9 Desember 2014. Aktor Eddie Redmayne, yang memerankan Hawking, menemani.
Jane Wilde Hawking (tengah) mencium mantan suaminya, ahli fisika Stephen Hawking, pada pemutaran perdana di Inggris film "The Theory of Everything" yang diambil dari kisah hidup Stephen Hawking, di London, 9 Desember 2014. Aktor Eddie Redmayne, yang memerankan Hawking, menemani.

Hawking bahkan menguji teori gravitasi Newton pada 2007 pada saat berusia 65 tahun ketika dia mengikut penerbangan tanpa bobot di Amerika Serikat sebagai awal penerbangan luar angkasa sub-orbital

Kejeniusan Hawking mendunia dan dia terkenal dengan gayanya yang jenaka ketika menjelaskan ilmu pengetahuan untuk kalangan luas.

Baca: Stephen Hawking Desak Manusia Pindah ke Planet Lain

Buku “Sejarah Singkat Waktu” yang diterbitkan 1988 bertujuan untuk menerangkan teori fundamental alam semesta kepada pembaca yang bukan dari kalangan ilmuwan. Buku ini diikuti dengan “The Universe in a Nutshell,” pada 2001.

Kehidupan Pribadi

Hawking menikah dengan Jane Wilde pada 1965 dan dikaruniai tiga anak. Sayangnya, pernikahan pertama Hawking tidak bertahan. Pasangan itu bercerai setelah 25 tahun menikah. Hawking kemudian menikahi mantan perawatnya, Elaine Mason. Tetapi pernikahan mereka juga diakhiri dengan perceraian setelah muncul tuduhan penyiksaan. Hawking menyangkal tuduhan penyiksaan tersebut.

Kisah cinta antara Hawking dan Wilde diangkat ke layar lebar pada 2014 dalam film “The Theory of Everything.” Aktor Inggris Eddie Redmayne, yang memerankan Hawking dalam film itu, mendapatkan Penghargaan Oscar Aktor Terbaik.[ft]

XS
SM
MD
LG