Tautan-tautan Akses

Presiden Amerika Donald Trump tampaknya hari Sabtu mengubah alasannya mengapa ia memecat Michael Flynn sebagai penasehat keamanan nasionalnya. Semula Presiden mengatakan ia memberhentikan Flynn karena Flynn tidak jujur kepada Wakil Presiden Michael Pence mengenai komunikasinya dengan Rusia pada masa transisi kepresidenan.

Tetapi Trump mencuit hari Sabtu (2/12): "Saya terpaksa memecat Jenderal Flynn karena ia berbohong kepada Wakil Presiden dan FBI. Ia telah mengaku bersalah karena berbohong. Ini memalukan karena tindakannya pada masa transisi tidak melanggar hukum. Tidak ada yang perlu disembunyikan!"

Cuitan tersebut memberi indikasi bahwa presiden mengetahui Flynn berbohong kepada FBI, serta wakil presiden, mengenai kontak dengan Rusia. Trump tidak menyebut FBI sebelumnya dalam cuitannya mengenai Flynn dan Rusia.

Berbohong kepada FBI adalah melanggar hukum.

Trump juga mencuit Minggu pagi bahwa "Saya tidak pernah meminta kepada direktur FBI agar menghentikan penyelidikan Flynn. Ini hanyalah "Berita Palsu" lagi untuk menutupi kebohongan Comey!" Comey adalah direktur FBI pada waktu itu.

Cuitan presiden itu telah menyebabkan kesimpangsiuran mengenai apa yang diketahui presiden dan kapan ia ketahui tentang kontak Flynn dengan Rusia.

Sebuah laporan Associated Press mengatakan bahwa Presiden tidak menulis twit mengenai FBI itu, tetapi ditulis oleh John Dowd, salah seorang penasehat hukum Trump. [gp]

XS
SM
MD
LG