Tautan-tautan Akses

AS

Hakim Usulkan Sidang Bulan Mei bagi 2 Mantan Pembantu Kampanye Trump


Paul Manafort, mantan ketua penasihat kampanye Presiden Trump meninggalkan gedung pengadilan di Washington, 2 November 2017.

Seorang hakim federal Amerika telah mengusulkan persidangan di bulan Mei untuk mantan manajer kampanye Donald Trump, Paul Manafort, yang baru-baru ini didakwa atas serangkaian tuntutan termasuk pencucian uang.

Hakim Distrik Amerika Amy Berman Jackson menetapkan hari Senin untuk mempertimbangkan tanggal persidangan 7 Mei yang diusulkan untuk Manafort dan tangan kanan dan serta mantan penasihat kampanye Trump, Rick Gates.

Kedua pria tersebut didakwa sebagai bagian dari penyelidikan penyidik khusus Robert Mueller mengenai apakah Rusia mencampuri pemilihan presiden Amerika tahun 2016.

Hakim juga memerintahkan Manafort dan Gates untuk tetap di bawah tahanan rumah, menolak argumen mereka untuk kondisi penahanan bebas dengan jaminan yang lebih ringan.

Selain itu, Hakim Jackson mengeluarkan peringatan kepada pengacara kedua orang yang didakwa tersebut untuk tidak membicarakan kasus itu di luar pengadilan.

"Ini adalah pengadilan pidana dan bukan sebuah kampanye humas," kata Jackson.

Manafort dan Gates dikenai 12 dakwaan termasuk persekongkolan, pencucian uang, dan membuat pernyataan palsu. Tuduhan tersebut tidak termasuk kolusi dengan Rusia selama kampanye presiden.

Keduanya bisa menghadapi puluhan tahun di penjara jika terbukti bersalah, dan keduanya mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan. Mereka berada dalam tahanan rumah dengan uang jaminan jutaan dolar.

Surat dakwaan terhadap kedua pria tersebut disetujui oleh dewan juri federal dan dibuka hari Senin setelah Manafort dan Gates menyerahkan diri ke FBI. Ini merupakan tuduhan pertama yang diajukan oleh penyidik khusus Mueller, yang memeriksa tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden tahun lalu.[my]

XS
SM
MD
LG