Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Ketua Kampanye Presiden Trump Didakwa Lakukan Pencucian Uang


Mantan ketua kampanye Kepresidenan Donald Trump, Paul Manafort saat meninggalkan kediamannya di Alexandria, Virginia, 30 Oktober 2017.

Paul Manafort, yang pernah menjabat sebagai ketua kampanye Presiden Donald Trump tahun lalu, Senin (30/10) dikenakan tuduhan bersekongkol melakukan pencucian uang dan berbohong kepada pemerintah dalam usaha lobi yang luas bagi mantan pemimpin Ukraina Viktor Yanukovich.

Manafort dan mantan rekan usahanya, Rick Gates, didakwa oleh penyelidik khusus Robert Mueller, sebagai bagian dari penyelidikan pidana mengenai campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden tahun 2016. Ini adalah tuduhan pertama yang dikenakan Mueller dalam penyelidikannya yang sudah berlangsung lima bulan, walaupun tuduhan itu tidak berhubungan langsung dengan pemilihan presiden.

Paul Manafort
Paul Manafort

Baik Manafort maupun Gates menyerahkan diri ke FBI di Washington untuk diproses dan kemudian diperkirakan akan tampil di pengadilan federal.

Tindakan Mueller menjadikan Manafort sebagai sasaran merupakan peralihan tajam perkembangan dalam penyelidikan Rusia yang telah membayangi satu tahun masa kepresidenan Trump.

Trump telah berkali-kali menyebut penyelidikan pidana dan Kongres mengenai hubungan antara kampanyenya dan kepentingan Rusia “usaha mengada-ada” yang digunakan oleh kaum Demokrat sebagai alasan kemenangan Trump dalam pemilihan presiden lalu atas mantan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton. Tetapi Mueller adalah seorang mantan direktur FBI dan dipandang oleh banyak kalangan di Washington sebagai orang yang tidak politis. [gp]

XS
SM
MD
LG