Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Tingkat Dukungan Kurang dari 40 Persen ‘Lumayan’


Presiden Donald Trump di Trump National Golf Club pada turnamen golf AS Terbuka, 15 Juli 2017, di Bedminster, New Jersey.

Tingkat dukungan terhadap Presiden AS Donald Trump, yang terendah bagi pemimpin AS dalam masa jabatan pertama, terus menurun. Tapi hari Minggu dia mengatakan “hampir 40 persen lumayan untuk masa sekarang ini.”

Trump menyampaikan hal itu lewat Twitter setelah sebuah jajak pendapat baru yang dilakukan Washington Post/ABC News menunjukkan tingkat popularitasnya turun dari 42 persen pada bulan April menjadi 36 persen.

Jumlah orang yang tidak mendukungnya naik lima poin menjadi 58 persen, dan 48 persen mengatakan mereka “sangat tidak menyetujui” kinerjanya dalam enam bulan pertama di Gedung Putih.

Trump menyebut poling Post/ABC itu “poling paling tidak akurat pada waktu pemilu!” Jajak pendapat Gallup yang menilai kinerja Trump selama tiga hari menunjukkan hasil negatif serupa hari Jumat, yaitu 57 persen tidak mendukungnya dibandingkan 38 persen yang mendukungnya.

Harian Washington Post mengatakan tingkat dukungan terhadap Trump yang sangat rendah itu “tidak pernah” dialami presiden Bill Clinton dan Barack Obama, meskipun George W. Bush pernah mencapai tingkat terendah itu dalam masa jabatan keduanya.

Jajak pendapat itu dilakukan setelah laporan harian New York Times mengungkap bahwa putra sulung Trump, Donald Trump Jr., dan beberapa pejabat kampanye pilpres ayahnya tahun lalu bertemu dengan seorang pengacara Rusia dan beberapa orang lain yang mengklaim memiliki informasi yang merugikan saingan Trump dari partai Demokrat, Hillary Clinton. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG