Tautan-tautan Akses

Pelobi Rusia Bertemu Beberapa Pembantu Senior Trump Tahun Lalu


Donald Trump Jr, Putra sulung Presiden AS Donald Trump, ikut bertemu pelobi Rusia tahun lalu (foto: dok).
Donald Trump Jr, Putra sulung Presiden AS Donald Trump, ikut bertemu pelobi Rusia tahun lalu (foto: dok).

Seorang pelobi dan tadinya agen kontra intelijen Soviet ikut dalam pertemuan tahun lalu dengan beberapa pembantu senior Presiden Trump termasuk putranya dan seorang pengacara Rusia. Demikian dikabarkan NBC News hari Jumat sehingga memperkuat tuduhan adanya koneksi antara Moskow dan pemilihan presiden di Amerika November lalu.

NBC News yang tidak menyebut nama pelobi itu tetapi mengatakan beberapa pejabat Amerika curiga ia masih mempunyai kaitan dengan intelijen Rusia meskipun dibantahnya.

Kantor berita Associated Press mengatakan pelobi itu, yang dikatakan bernama Rinat Akhmetshin, membenarkan bahwa ia ikut dalam pertemuan bulan Juni 2016 di Trump Tower New York.

Sumber yang mengetahui tentang peserta pertemuan itu mengukuhkan kepada kantor berita Reuters bahwa Akhmetshin berada dalam ruang pertemuan. Dan pertemuan itu tampak sebagai bukti yang paling nyata adanya hubungan antara kubu kampanye Trump dan Rusia – persoalan yang menyebabkan Kongres melakukan penyelidikan dan penunjukan seorang penyelidik khusus Federal.

Menantu Trump, Jared Kushner dan bekas penasehat kampanyenya Paul Manafort juga hadir dalam pertemuan begitu pula putra sulungnya Donald Trump Jr yang berharap akan memperoleh informasi merusak mengenai calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Trump Jr tidak menyebut tentang kehadiran Akhmetshin ketika merilis serangkaian email mengenai pertamuan itu awal pekan ini. [ps/al]

XS
SM
MD
LG