Tautan-tautan Akses

Trump Tak Mau Sahkan RUU Pendanaan Tanpa Dana Bangun Tembok Perbatasan


Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders
Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders

Presiden Donald Trump hari Kamis (20/12) tidak mau menandatangani rancangan UU pendanaan untuk mencegah penutupan sebagian kantor pemerintah mulai hari Jumat (21/12), karena RUU itu tidak memberikan dana untuk membangun tembok di perbatasan Amerika dan Meksiko.

“Sampai saat ini, Presiden tidak mau menandatangani RUU itu karena tidak ada dana untuk tembok (perbatasan)," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders.

Pemimpin Amerika itu secara mendadak memanggil para pimpinan partai Republik ke Gedung Putih untuk membahas masalah tembok itu dan RUU pendanaan sementara supaya tidak perlu diadakan penutupan sebagian kantor federal hari Jumat.

Trump semakin frustrasi karena Kongres menolak memberikan dana lima milyar dolar sebagai bagian dari 20 milyar yang diperlukan untuk membangun tembok sepanjang perbatasan Amerika dengan Meksiko, katanya untuk mencegah masuknya imigran gelap.

Kalau tidak dicapai kata sepakat tentang hal itu, kira-kira 800.000 orang pegawai pemerintah federal akan dirumahkan mulai hari Jumat. (ii)

XS
SM
MD
LG