Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih Mungkin Dukung Perpanjangan Anggaran Sementara


Kellyanne Conway, penasihat Presiden Donald Trump berbicara di Washington DC (foto: dok).

Gedung Putih hari Rabu (19/12) mengisyaratkan akan mempertimbangkan rencana anggaran sementara untuk mencegah penutupan sebagian kegiatan pemerintah hari Jumat (21/12) tengah malam dan memperpanjangnya sampai minggu-minggu awal 2019.

Kellyanne Conway, penasihat Presiden Donald Trump, mengatakan pemimpin AS itu kemungkinan bisa mendukung undang-undang yang sedang disusun di Kongres yang akan mempertahankan pemerintah tetap buka sampai 8 Februari. Ia mengatakan "pasti akan dipertimbangkan."

Dua hari menjelang seperempat kegiatan pemerintah terancam tutup Gedung Putih dan anggota parlemen AS belum mencapai kesepakatan.

Trump minggu lalu mengatakan dengan "bangga" akan melakukan penutupan untuk mendapatkan dana sebesar $5 Milyar bagi pembangunan tembok sepanjang 3.200 km di perbatasan AS dengan Meksiko guna menghentikan imigrasi ilegal. Tapi tanpa suara yang cukup di Kongres, Trump hari Selasa mundur dengan Gedung Putih mengatakan akan mencari "cara lain" untuk memperoleh pendanaan dengan mencoba memanfaatkan uang yang tidak terpakai dari beberapa lembaga federal.

"Kita lihat saja nanti," kata Trump. "Terlalu dini untuk mengatakannya. Kita memerlukan keamanan perbatasan."

Hari Rabu, Trump mengatakan di Twitter, "Dengan cara apapun kita akan memenangkan tembok perbatasanl!"

Partai Demokrat, dengan gigih menentang rencana tembok perbatasan Trump dan mengusulkan mempertahankan pendanaan tahun 2019 sebesar $ 1,3 miliar untuk pagar keamanan perbatasan dan perbaikan lainnya, tetapi tidak secara khusus bagi tembok perbatasan itu. (my)

XS
SM
MD
LG