Tautan-tautan Akses

AS

AS Janjikan Bantuan $10 Miliar ke Amerika Tengah dan Meksiko


ARSIP – Sekumpulan kaum migran dari Amerika Tengah memandang melalui sela-sela dinding perbatasan saat petugas U.S. Customs and Border Protection, kanan, bersiaga di sisi yang berlawanan, Minggu, 25 November 2018 (foto: AP Photo/Gregory Bull)

Amerika menjanjikan bantuan dan investasi di Amerika Tengah dan Meksiko lebih dari $10 miliar sebagai bagian dari upaya membendung migrasi ilegal.

Hampir $6 miliar akan diberikan ke El Salvador, Guatemala, dan Honduras sedangkan $4,8 miliar lainnya dialokasikan untuk proyek-proyek di Meksiko selatan.

Departemen Luar Negeri mengatakan Amerika berkomitmen bagi Amerika Tengah yang aman dan makmur dengan "meningkatkan keamanan, tata kelola, dan kemakmuran ekonomi yang bisa menciptakan peluang dan manfaat yang lebih besar bagi rakyat di kawasan ini."

Amerika juga ingin bermitra dengan negara-negara itu untuk mengatasi masalah migrasi, perdagangan Narkoba, dan geng kriminal.

Kemiskinan, kekerasan geng, dan kurangnya kesempatan kerja mendorong kafilah ribuan migran Amerika Tengah - terutama Honduras - melalui Meksiko dengan harapan memasuki Amerika.

Presiden Donald Trump mengatakan mereka tidak akan diizinkan masuk, mendorong Kongres menyetujui dana pembangunan tembok perbatasan yang akan menelan biaya $5 miliar - sedikit lebih rendah dari uang yang dijanjikan kepada tiga negara Amerika Tengah itu.

Meksiko menjanjikan para migran pekerjaan dan kesempatan mengajukan permohonan suaka. [ka]

XS
SM
MD
LG