Tautan-tautan Akses

Trump Tak Komentari Kesaksian Comey


Presiden AS Donald Trump (kiri) dan James Comey, direktur FBI yang dipecatnya sebulan lalu (foto: ilustrasi).
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan James Comey, direktur FBI yang dipecatnya sebulan lalu (foto: ilustrasi).

Tak seperti biasanya, Presiden AS Donald Trump tidak berkomentar atas kesaksian di Kongres hari Kamis (8/6) oleh direktur FBI yang dipecatnya sebulan lalu.

Presiden, dalam sebuah pidato beberapa kilometer dari Gedung Putih dan di platform media sosial favoritnya, tidak menyinggung soal James Comey, yang menuduh Trump memecatnya untuk mengusik penyelidikan FBI terhadap dugaan kolusi antara tim kampenye pilpres Trump tahun 2016 dengan Rusia.

Presiden, dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih dengan para gubernur dan walikota mengenai infrastruktur, mengabaikan pertanyaan mengenai Comey dalam sebuah kesempatan foto media.

Reaksi mengenai kesaksian Comey di hadapan Komite Intelijen Senat itu justru disampaikan oleh pengacara pribadi dan putera presiden.

Pengacara Marc Kasowitz mengatakan kepada para wartawan di Klub Press Nasional bahwa Trump, dengan cara apapun, tidak pernah meminta kesetiaan Comey ataupun berupaya mengusik penyelidikan federal apapun.

Sementara itu selama kesaksian Comey, Donald Trump Junior memberikan komentar lewat Twitternya.

Trump Jr. mengatakan kesaksian Comey itu mengisyaratkan bahwa ucapan dan tindakan ayahnya itu “bukan merupakan paksaan atau pengaruh dan jelas bukan hambatan.” [vm/ii]

XS
SM
MD
LG