Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Direktur FBI akan Beri Kesaksian Terkait Upaya Trump Pengaruhi Penyelidikan


Presiden AS Donald Trump (kiri) dan mantan Direktur FBI James Comey (Foto: dok).

Direktur FBI yang dipecat Jim Comey akan memberitahu Komite Intelijen Senat Amerika hari Kamis bahwa Presiden Donald Trump menuntut loyalitasnya, dalam percakapan di Gedung Putih yang terkait dengan penanganan FBI mengenai investigasi terhadap para pejabat pemerintah yang sekarang dan sebelumnya.

Komite itu melansir salinan awal pernyataan pembuka Comey sepanjang tujuh halaman sehari sebelum ia dijadwalkan tampil di hadapan Senat. Ini berlangsung tidak lama setelah Direktur Intelijen Nasional dan para pejabat senior intelijen lainnya menolak menjawab pertanyaan komite mengenai Comey dan penyelidikan mengenai Rusia.

Dalam pernyataannya, Comey mengemukakan rincian dan pernyataan mengenai lima pembicaraan terpisah dengan Donald Trump, termasuk petunjuk bahwa presiden memintanya untuk mempengaruhi investigasi FBI.

Presiden mengatakan, “Saya butuh kesetiaan, saya mengharapkan loyalitas,” kata Comey mengenai salah satu percakapannya di Gedung Putih. “Saya bergeming, tidak berbicara atau mengubah ekspresi wajah saya dalam suasana senyap dan canggung berikutnya. Kami hanya saling menatap,” lanjutnya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG