Tautan-tautan Akses

AS

Trump Puji Upaya Pemulihan dari Badai Maria dalam Kunjungan di Puerto Rico


Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump berbicara mengenai upaya pemulihan dari badai Maria di San Juan, Puerto Rico, Selasa (3/10).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi Puerto Rico hari Selasa (3/10), memuji upaya pemulihan di daerah-daerah yang dilanda badai di Texas dan Florida, dan memuji para responden pertama yang berjuang menyelamatkan nyawa hampir dua minggu setelah Badai Maria menerjang kawasan Karibia.

“Di Texas dan di Florida kami mendapat nilai A+, dan saya akan memberitahu Anda, saya kira kami telah melakukan hal yang sama baiknya di Puerto Rico, dan ini sebenarnya adalah situasi yang jauh lebih sulit,” kata Trump kepada para wartawan di halaman selatan Gedung Putih ketika dia dan Ibu Negara Melania Trump hendak berangkat ke San Juan.

Kunjungan presiden itu mencakup pertemuan dengan para pemimpin politik Puerto Rico, kemungkinan termasuk Carmen Yulin Cruz, walikota San Juan dari Partai Demokrat, yang menanggapi dengan kemarahan atas komentar seorang pejabat pemerintah bahwa upaya bantuan di pulau itu merupakan “berita yang baik” (dipolitisasi).

Trump mengatakan bahwa menurutnya walikota itu mungkin telah berubah pikiran tentang tanggap bencana yang dilakukan oleh Washington. “Saya kira ia sekarang mengakui betapa hebat pekerjaan yang telah kami lakukan, dan masyarakat menyaksikan hal itu.”

Presiden Trump mengakui lebih banyak lagi yang harus dilakukan, dan dia meminta penduduk setempat agar berbuat lebih banyak untuk memberikan bantuan ke daerah-daerah terpencil.

"Di tingkat lokal, mereka harus memberikan lebih banyak bantuan. Tapi saya akan memberitahu Anda, bahwa responden pertama, militer, FEMA, semuanya telah bekerja luar biasa di Puerto Rico,” kata Trump.

Selama lima setengah jam di lapangan, presiden dan timnya bertemu dengan Gubernur Puerto Rico Ricardo Rossello, personil militer dan masyarakat yang terkena dampak badai. Trump juga mengadakan pembicaraan dengan Gubernur Kenneth Mapp dari Kepulauan Virgin AS, yang juga diterjang Badai Maria pekan lalu.

Rossello mengatakan dalam jumpa pers hari Senin di San Juan bahwa lebih dari 720 dari 1.100 pompa bensin di pulau itu sudah beroperasi, dan dia mengharapkan lebih banyak pasokan bahan bakar dalam beberapa hari mendatang. Puerto Rico bergantung pada pasokan bahan bakar yang dikirim dari daratan Amerika Serikat.

Gubernur Rossello mengatakan bahwa lebih dari separuh layanan air dan selokan masih belum pulih, dan pemerintah federal dan lokal bekerja sama untuk memastikan 50 dari 69 rumah sakit di pulau itu bisa beroperasi. Dia mengatakan, kapal rumah sakit Angkatan Laut Amerika Comfort dijadwalkan tiba pada hari Selasa atau Rabu.

Rossello umumnya memuji tanggapan atas badai itu oleh pemerintahan Trump, meskipun mendapat kritik dari Walikota Cruz dan banyak warga yang mengatakan lambannya upaya bantuan tersebut membahayakan nyawa ribuan korban badai. [lt]

XS
SM
MD
LG