Tautan-tautan Akses

Trump Puji Upaya Bantuan AS bagi Puerto Rico, Pengecam Salahkan Washington


Personil militer AS dikerahkan untuk memberikan upaya bantuan di San Juan, Puerto Rico (28/9).

Presiden Donald Trump memuji penanggapan bencana di Puerto Rico oleh pemerintahan yang dipimpinnya, sementara pejabat di teritori Amerika itu memperingatkan bahwa lebih banyak bantuan masih dibutuhkan guna mencegah kelaparan dan perebakan penyakit di pulau yang diterpa badai itu.

Dalam serangkaian cuitan di Twitter seputar bencana Puerto Rico, Trump mencatat bahwa gubernur Puerto Rico Ricardo Rossello telah memuji tanggapan Washington atas kebutuhan pulau itu.

Menurut Trump di Twitter, Gubernur Ricardo Rossello mengatakan, “Pemerintahan dan Presiden, setiap kali kami bicara, mereka memenuhi… Puerto Rico hancur, sistem telepon, jejaring listrik, jalan-jalan, hancur. FEMA dan penanggap pertama hebat, Gubernur mengatakan, karya yang hebat!”

Namun, walikota San Juan, ibukota Puerto Rico, mengecam laporan-laporan yang mengatakan upaya bantuan berjalan dengan baik.

“Ini merupakan kisah orang yang sedang menunggu ajalnya. Ini berita hidup dan mati,” kata walikota Carmen Yulin Cruz kepada CNN.

Yulin Cruz memberi reaksi terhadap komentar sebelumnya dari pejabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Elaine Duke, bahwa upaya penyelamatan nyawa oleh pekerja bantuan merupakan berita baik.

“Mungkin dari lokasi dia ini berita baik,” kata Cruz setelah mendengar komentar Duke itu. “Ini tidak bertanggung jawab,” katanya, dan mendesak Duke agar datang sendiri ke Puerto Rico.

Elaine Duke kemungkinan akan berkunjung kesana hari Selasa (3/10), bersama Presiden Trump. [jm]

XS
SM
MD
LG