Tautan-tautan Akses

AS

AS Kirim Jenderal Bintang Tiga Pimpin Bantuan untuk Puerto Rico


Kru Udara Angkatan Laut Brandon Larnard yang menggendong seorang pengungsi menaikin helikopter MH-60S Sea Hawk menyusul terjangan Badai Maria di pulau Dominica, 27 September 2017 on the island of Dominica, Sept. 27, 2017.

Pentagon telah menugaskan Letnan Jenderal Jeffrey Buchanan untuk memimpin semua upaya operasi tanggap darurat bencana badai oleh militer di Puerto Rico.

Buchanan adalah jenderal berbintang tiga dan diharapkan akan tiba di Puerto Rico pada Kamis (28/9), demikian menurut koresponden VOA di Pentagon, Carla Babb.

Pemerintahan Presiden Donald Trump dikritik karena tidak menanggapi secara lebih cepat krisis di teritori Amerika itu, yang diporak-porandakan Badai Maria pada 17 September.

Pada Kamis, Penasihat Keamanan Dalam Negeri Tom Bossert membela jeda 8 hari antara deklarasi keadaan darurat di Puerto Rico dan penunjukan pemimpin untuk upaya pemulihan ini.

“Hal ini tidak membutuhkan jenderal berbintang tiga delapan hari yang lalu,” kata Bossert kepada wartawan di Gedung Putih. Saat ini 44 rumah sakit beroperasi di Puerto Rico, dari total 69 rumah sakit, kata Bossert menambahkan.

Pejabat Menteri Keamanan Dalam Negeri Elaine Duke mengatakan, 200 pompa bensin kini sudah buka sehingga warga bisa memperoleh bahan bakar untuk menjalankan generator listrik mereka. [jm]

XS
SM
MD
LG