Tautan-tautan Akses

AS

Satu Setengah Minggu Setelah Badai, Puerto Rico Masih Belum Pulih


Seorang pria berdiri di dalam supermarket yang hancur akibat badai Maria di Salinas, Puerto Rico, 29 September 2017

Hampir satu setengah minggu setelah bencana badai Maria melanda Puerto Rico, sekitar separuh dari 3,4 juta penduduk pulau itu masih kekurangan akses ke air minum yang bersih, menurut Departemen Pertahanan Amerika, sementara 95 persen masih tanpa aliran listrik.

Namun, gubernur Puerto Rico Ricardo Rossello mengemukakan hari Sabtu bahwa sebagian pemulihan telah dicapai. Ia mengatakan 51 dari ke-60 rumah sakit pulau itu telah buka dan bandara serta pelabuhan sedang menerima pengiriman. "Semua hubungan telepon melalui kabel sudah berjalan sekarang." Rosello mengatakan, "walaupun demikian kami masih belum mempunyai jaringan telekom yang kuat, kami hanya mempunyai 33 persen."

Rosello mengatakan jalan-jalan pulau itu sedang dibersihkan, tetapi masih ada beberapa daerah di mana dampat badai tersebut masih mempersulit perjalanan.
Departemen Pertahanan Amerika mengatakan 100 truk yang membawa bahan bakar solar dan bensin akan tiba dengan tongkang di San Juan, ibukota pulau itu yang juga kota terbesarnya, sebelum hari Senin. Ada keluhan bahwa pangan dan kebutuhan pokok lain masih belum diangkut ke seluruh pulau itu karena tidak cukup truk dan sopir truk untuk mengangkutnya. [gp]

XS
SM
MD
LG