Tautan-tautan Akses

Trump: Presiden Venezuela Bertanggung Jawab atas Keselamatan Tapol


Orang-orang mengangkat foto pemimpin oposisi Antonio Ledezma di depan sebuah dinding dengan foto pemimpin oposisi Leopoldo Lopez dalam sebuah konferensi pers di markas besar partai oposisi koalisi Venezuela di Caracas, Venezuela (foto: REUTERS/Ueslei Marcelino)

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan ia akan menganggap pribadi Presiden Venezuela Nicolas Maduro bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan para tokoh oposisi yang ditangkap oleh polisi pada tengah malam.

“Amerika Serikat mengutuk tindakan kediktatoran Maduro itu,” kata Trump dalam pernyataan Selasa malam. “Lopez dan Ledezma adalah tahanan politik yang ditahan secara illegal oleh rejim itu . . . kami ulangi seruan kami agar semua tahanan politik dibebaskan segera dan tanpa syarat.”

Video Twitter yang kabarnya menunjukkan agen-agen intelijens menyeret Leopoldo Lopez dan Antonio Ledezma keluar dari rumah mereka dan melempar mereka ke dalam mobil.

Keduanya dikenakan tahanan rumah atas kegiatan oposisi sebelumnya. Mahkamah Agung Venezuela mengatakan “sumber-sumber intelijens resmi” memperingatkan bahwa Lopez dan Ledezma berencana melarikan diri. Mahkamah mengatakan mereka melanggar persyaratan tahanan rumah mereka dengan “berkampanye politik” dan “mengeluarkan pernyataan kepada media,” yang mendorong protes terhadap pemerintahan Maduro.

Pengacara Lopez, Juan Carlos Gutierrez, membantah kliennya melanggar peraturan tahanan-rumahnya. Ia mengatakan Lopez hanya dilarang berbicara mengenai kasusnya sendiri. [gp]

XS
SM
MD
LG