Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pertimbangkan Larang Perjalanan dari Brazil


Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O'Brien

Pemerintah Trump mungkin mempertimbangkan larangan perjalanan dari dan ke Brazil ketika negara di Amerika Selatan itu mencatat kenaikan tajam kasus virus corona.

Dalam wawancara di program “Face the Nation” di stasiun televisi CBS hari Minggu (24/5), Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien memperkirakan keputusan untuk memblokir perjalanan dari Brazil akan diambil hari Minggu ini. Keputusan serupa telah diambil terhadap China dan beberapa negara Eropa lainnya pada awal tahun ini.

“Kita berharap ini hanya sementara waktu saja. Tetapi karena situasi di Brazil, kami akan mengambil setiap langkah yang perlu untuk melindungi warga Amerika,” ujarnya.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Amerika telah melarang masuk warga yang selama 14 hari menjelang kedatangan ke Amerika berada di China. Pembatasan yang sama juga diberlakukan bagi mereka yang bepergian ke Eropa.

Amerika masih menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di dunia yaitu lebih dari 1,6 juta orang. Sementara jumlah korban meninggal sudah lebih dari 96 ribu orang.

Menurut Johns Hopkins Coronavirus Resource Center, Brazil kini menjadi negara kedua dengan tingkat penularan tertinggi setelah Amerika, di mana hingga laporan ini disampaikan sudah mencapai lebih dari 347.000 orang yang tertular. [em/ii]

XS
SM
MD
LG