Tautan-tautan Akses

Jumlah Kasus Baru Covid-19 Capai Rekor Tertinggi


Para pekerja medis membawa seorang pasien virus corona ke unit perawatan intensif di Rumah Sakit Kota Filatov di Moskow, Rusia, 15 Mei 2020.

Kasus infeksi virus corona baru di seluruh dunia terjadi dalam jumlah rekor pada Rabu (20/5). Organisasi Kesehatan Sedunia (World Health Organization/WHO) mengatakan 106.000 kasus baru Covid-19 dilaporkan dalam 24 jam terakhir, kenaikan satu hari terbesar sejak wabah itu mulai muncul akhir tahun lalu.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam pengarahan media pada Rabu (20/5) bahwa hampir duapertiga dari kasus-kasus baru ditemukan hanya di empat negara. Dia tidak menyebut nama negaranya, tapi sejumlah laporan berita menyebutkan keempat negara itu adalah AS, Rusia, Brazil dan India.

Brazil memiliki jumlah kasus baru terbesar pada Rabu (20/5) sejak wabah itu merebak disana, yaitu hampir 20 ribu dalam sehari. India memiliki lebih dari 5.600 kasus baru. Rusia memiliki antara 9.000 dan 10.000 kasus baru sehari dalam dua pekan belakangan. AS mencatat sekitar 45.000 kasus baru yang dilaporkan pada Selasa (19/5).

Hampir 5 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus corona, dan jumlah korban tewas mendekati 325 ribu. AS memiliki jumlah kasus terbanyak, hampir 1,5 juta orang, dan jumlah kematian terbesar, yaitu lebih dari 93.200.

Tedros mengatakan organisasinya sangat khawatir akan meningkatnya jumlah kasus di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Dia menekankan pentingnya menjaga rantai pasokan tetap berjalan dan memastikan agar pasokan medis mencapai para petugas kesehatan dan pasien. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG