Tautan-tautan Akses

Trump Membisu Menjelang Kesibukan Sidang Umum PBB di New York


Presiden AS Donald Trump memberikan pidato pada Sidang Umum PBB di New York tahun 2017 (foto: dok).
Presiden AS Donald Trump memberikan pidato pada Sidang Umum PBB di New York tahun 2017 (foto: dok).

Presiden Donald Trump "membisu" beberapa hari ini sebelum sebuah kesibukan diplomasi ketika Sidang Umum PBB berlangsung. Sesuatu yang tidak biasa dari dirinya.

Trump istirahat dari Twitter di tengah-tengah beberapa masalah penting yang kemungkinan besar sangat menentukan masa kepresidenannya. Tidak ada cuitan di Twitter datang dari Presiden Trump sejak hari Jumat (21/9). Terakhir Trump mengomentari perintahnya yang kontroversial untuk mendeklasifikasi dokumen-dokumen tentang penyelidikan Rusia, dan juga menuduh pihak oposisi Demokrat menghambat proses konfirmasi calon hakim agungnya ke Mahkamah Agung.

Presiden hari Minggu (23/9) ini akan makan malam di New York bersama PM Jepang Shinzo Abe, salah satu pemimpin yang menghadiri Sidang Umum PBB yang ke 73.

Trump dan Abe akan membahas perbedaan mereka seputar perdagangan, serta juga situasi di Semenanjung Korea, hanya beberapa hari setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan perjalanan ke Pyongyang serta menandatangai perjanjian dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Presiden Amerika itu juga dijadwalkan minggu ini bertemu dengan pemimpin Inggris, Kolombia, Mesir, Perancis, dan Israel.

Pada Selasa presiden akan berpidato didepan Sidang Umum PBB dan dia akan memimpin pertemuan DK PBB pada hari berikutnya. [jm]

XS
SM
MD
LG