Tautan-tautan Akses

Trump Berjanji akan 'Bersihkan' Departemen Kehakiman


President Donald Trump menyampaikan pidatonya dalam rally kampanye di Springfield, Missouri, 21 September 2018.
President Donald Trump menyampaikan pidatonya dalam rally kampanye di Springfield, Missouri, 21 September 2018.

Presiden Amerika Donald Trump telah mengeluarkan peringatan tidak menggembirakan tentang Departemen Kehakiman dan FBI, dan memastikan akan memecat lebih banyak orang untuk “membersihkan bau tidak sedap” di badan itu pasca munculnya laporan bahwa Jaksa Agung Sementara Rod Rosenstein membahas rencana untuk merekam pembicaraan presiden secara diam-diam.

Berbicara dalam rapat umum di Missouri, Jumat (21/9), Trump tidak secara eksplisit menyebut isu Rosenstein yang pertama kali dilaporkan oleh New York Times dan dikukuhkan oleh Associated Press.

Tetapi Trump mengecam apa yang dilihatnya sebagai bias anti-Trump di Departemen Kehakiman, dan menggembar-gemborkan pemecatan yang telah direncanakannya, yang membuat banyak penegak hukum merasa tidak nyaman dan memicu kekhawatiran tentang masa depan tim penyidik khusus tentang Rusia yang diawasi Rosenstein.

“Anda melihat apa yang terjadi di FBI dan Departemen Kehakiman. Ini buruk, mereka semua akan dipecat,” ujar Trump. “Tetapi masih ada bau busuk yang menyengat dan kita akan menyingkirkan bau ini juga,” tambahnya.

Rod Rosenstein mengatakan laporan itu “tidak akurat dan tidak benar.” [em]

XS
SM
MD
LG