Tautan-tautan Akses

Trump Kecam Pemberian Suara lewat Pos


Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump mengecam keras pemberlakuan pemungutan suara lewat pos di seluruh AS, menyebutnya penuh dengan kemungkinan penipuan dan akan sangat menguntungkan Partai Demokrat.

Tapi Trump sendiri baru-baru ini meminta kartu suara lewat pos untuk memilih pada pemilihan pendahuluan calon presiden Partai Republik di Florida, dimana ia mendaftarkan kediaman resminya, setelah tinggal lama sebagai penduduk New York.

Namun hari Rabu (8/4), Trump mengatakan di Twitter: "Partai Republik harus berjuang keras untuk menentang pemberian suara melalui pos di seluruh negeri."

"Partai Demokrat menginginkan hal itu," katanya. "Potensi luar biasa bagi kecurangan pemilih, dan apa pun alasannya, tidak menguntungkan bagi Partai Republik."

Dengan ketidakpastian karena adanya perebakan virus corona di AS dan banyak pemilihan pendahuluan ditunda, beberapa anggota DPR, terutama dari Partai Demokrat, mendesak pelaksanaan pemilihan melalui pos selain pemungutan suara secara langsung.

Di negara bagian Wisconsin, Selasa, ribuan orang memberikan suara dalam pemilihan pendahuluan presiden Partai Demokrat, meskipun antrian untuk memilih berlangsung sampai dua setengah jam. Para pemilih, banyak yang mengenakan masker dan menjaga jarak dua meter dari pemilih lainnya yang datang ke tempat pemungutan suara. [my/ii]

XS
SM
MD
LG