Tautan-tautan Akses

Trump Diberitakan Siap Pecat Penasihat Keamanan


Penasihat Keamanan Nasional AS H.R. McMaster menjawab pertanyaan media dalam konferensi pers harian di Gedung Putih, 2 November 2017.
Penasihat Keamanan Nasional AS H.R. McMaster menjawab pertanyaan media dalam konferensi pers harian di Gedung Putih, 2 November 2017.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memutuskan untuk mengganti H.R. McMaster sebagai penasihat keamanan nasionalnya, The Washington Post melaporkan, Kamis (15/3).

Post mengatakan presiden tidak ingin terburu-buru mengumumkan pemecatan itu agar tidak mempermalukan Jenderal Angkatan Darat tiga bintang tersebut.

Pemberhentian McMaster adalah bagian dari perombakan jajaran atas pemerintahan Trump, yang memicu kekhawatiran akan ada pemecatan lain di Gedung Putih, kata harian tersebut.

"Akan selalu ada perubahan," kata Presiden Trump kepada wartawan, Kamis. "Dan saya kira Anda ingin melihat perubahan, saya juga ingin melihat ide berbeda-beda."

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, dalam jumpa pers hari, Kamis (15/3), di Gedung Putih diminta untuk menggambarkan hubungan saat ini antara Trump dan McMaster.

"Presiden dan Jenderal McMaster terus bekerja sama untuk menekan Rusia untuk melakukan hal yang benar. Sekali lagi, saya kira Anda bisa melihat sudut pandang pemerintah dengan melihat tindakan yang diambil hari ini dengan memberlakukan sanksi baru kepada Rusia, " kata Sanders.

Namun selama beberapa minggu terakhir ini Trump berselisih dengan McMaster.

Presiden Trump bulan lalu menegur McMaster setelah penasihat keamanan nasional itu mengatakan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 "tidak dapat dibantah". [my/ds]

XS
SM
MD
LG