Tautan-tautan Akses

AS

Trump Diberitakan Ingin Ganti Menteri Urusan Veteran


Menteri Urusan Veteran David Shulkin menghadiri acara penandatanganan sebuah keputusan presiden oleh Presiden Donald Trump di Departemen Urusan Veteran, 27 April 2017, di Washington.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk mengganti Menteri Urusan Veteran David Shulkin dengan Rick Perry, menteri energi saat ini.

Sumber yang mengetahui diskusi di Gedung Putih mengatakan kepada Associated Press, Trump telah mengemukakan gagasan tentang perombakan kabinet sebagai cara untuk memperbaiki kinerja di Departemen Urusan Veteran. Dia menganggap Shulkin mengganggu kelancaran tugas di departemen tersebut.

Meski Shulkin menghadapi beberapa penyelidikan terkait perjalanan dinas dan kepemimpinannya di departemen tersebut, tapi sejauh ini masih dipuji presiden karena berhasil meningkatkan kinerja departemen tersebut.

Baca: Presiden Trump Pecat Menlu Tillerson

Shulkin menghadapi tentangan dari bawahannya dan tuduhan baru bahwa dia mengajak pengawalnya berbelanja di toko Home Depot dan kemudian menyuruhnya membawa barang-barang belanjaan ke rumahnya.

Laporan internal juga mendapati pelanggaran etika sehubungan dengan perjalanannya ke Eropa bersama istrinya pada musim panas lalu.

Trump dan para pembantu seniornya frustrasi dengan Shulkin karena ia dianggap telah merugikan Gedung Putih dalam beberapa kesempatan dan tidak mau bekerja sama dengan para pejabat lain yang ditunjukan Trump. Shulkin adalah satu-satunya pejabat dari pemerintahan Obama yang masih dipertahankan.

Trump mengemukakan gagasan itu kepada Perry saat pertemuan makan siang, Senin (12/3), tapi tidak menawarkan pekerjaan kepadanya, kata seorang pejabat Gedung Putih kepada AP. Trump marah kepada Shulkin, kata pejabat tersebut, tapi ia dikenal sering berbicara mengenai perubahan staff tanpa ada tindak lanjut. [my/ds]

XS
SM
MD
LG