Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Tak Ada Kolusi, Tak Ada Penghambatan Hukum, Comey Pembocor


Presiden AS Donald Trump berbicara kepada media di Gedung Putih, Jumat (9/6).

Presiden Donald Trump memberitahu reporter Jumat (9/6) bahwa dirinya merasa dibenarkan oleh kesaksian Kamis dari direktur FBI James Comey karena, mengutip kata-katanya, “tidak ada kolusi, tidak ada penghambatan hukum, dan dia pembocor.”

Trump membuat komentar itu sebagai tanggapan terhadap pertanyaan reporter di halaman Gedung Putih.

Trump menyambung, “Sejujurnya saja, James Comey mengkonfirmasi banyak yang sudah saya katakan. Dan ada beberapa hal yang tidak benar.”

Dia tampil bersama Presiden Romania Klaus Iohannis setelah sebuah pertemuan di Gedung Putih.

Trump juga menjawab pertanyaan tentang komitmen Amerika kepada NATO, katanya, Amerika berkomitmen kepada Pasal 5 tentang kebijakan “pertahanan kolektif” – yang bermakna, kalau satu negara NATO diserang, maka itu dianggap sebagai serangan terhadap semuanya.

Komentar Trump pada Jumat siang datang beberapa jam setelah dia mengirim cuitan di Twitter pada pagi dini hari dan mengklaim “dirinya dibenarkan total” dalam masalah Comey.

Sementara itu, ketika ditanya apakah dia bersedia memberikan kesaksian di bawah sumpah tentang pembicaraannya dengan direktur FBi James Comey, Presiden Donald Trump menjawab “100 persen,” tetapi ditambahkannya: “Saya tidak mengatakan di bawah sumpah.”

Presiden menjelaskan, dia bersedia menjawab pertanyaan dari Robert Mueller, penyidik khusus yang menyelidiki pengaruh Rusia dalam perpolitikan di Amerika.

Tanya jawab ini berlangsung antara presiden dan reporter di halaman Gedung Putih pada siang hari yang panas, saat Trump berdiri disebelah Presiden Rumania Klaus Iohannis.

“James Comey memberi konfirmasi pada banyak hal yang saya katakan, dan beberapa hal yang dia katakan tidak benar,” kata Presiden, yang secara tidak langsung Trump berarti mengatakan, Comey berbohong di bawah sumpah dalam kesaksian Kamis dihadapan Komite Intelijen Senat. [jm]

XS
SM
MD
LG