Tautan-tautan Akses

AS

Trump Bela Pencapaian, Serang Media dalam Konferensi Pers


Presiden AS Donald Trump berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih (16/2). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Donald Trump menggunakan konferensi pers pertamanya sebagai presiden AS untuk menyampaikan pembelaan luas atas bulan pertamanya yang bergejolak sebagai presiden, menyangkal laporan-laporan mengenai kekacauan di Gedung Putih dan berkeras pemerintahannya berjalan “seperti mesin yang lancar”.

Konferensi pers yang berlangsung selama 75 menit itu berubah menjadi serangan dan acara lawak dengan gurauan Trump, yang kemudian menceramahi media yang berkumpul di Ruang Timur Gedung Putih.

Trump menyombongkan daftar panjang yang disebutnya pencapaian, termasuk penarikan Amerika dari Kemitraan Trans Pasifik, pembekuan perekrutan pemerintah federal dan penghapusan peraturan-peraturan pemerintah.

“Kita membuat kemajuan luar biasa,” kata Trump. “Saya kira belum pernah ada presiden terpilih dalam periode singkat seperti ini telah melakukan apa yang saya lakukan."

Trump berkeras bisa mencapai lebih banyak lagi kalau bukan karena apa yang disebutnya “kekacauan” yang ditinggalkan pendahulunya, mantan presiden Barack Obama.

“Saya mewarisi kekacauan. Di dalam negeri dan di luar negeri, kekacauan,” katanya.

Trump juga menohok media berita yang dituduh meremehkan pencapaiannya dan membuat “berita palsu” untuk merusak pemerintahannya.

“Jujur saja, pers di luar kendali. Tingkat ketidakjujurannya di luar kendali,” katanya. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG