Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Imigrasi AS Beritahu Kongres Semua Imigran Gelap 'Bisa Ditindak'


Penjabat sementara Direktur Penegakan Bea Cukai (ICE) Thomas Homan berbicara kepada wartawan di Washington (31/1). (AP/Andrew Harnik)

Para anggota Kongres mengatakan pejabat imigrasi pemerintah memberitahu mereka bahwa hampir semua imigran gelap “bisa dikenakan tindakan” penangkapan dan deportasi.

Penjabat sementara Direktur Penegakan Bea Cukai (ICE) Thomas Homan bertemu dengan 10 anggota Kongres dari Partai Demokrat hari Kamis (16/2) di Capitol Hill.

Setelah pertemuan itu anggota Kongres Partai Demokrat dari Texas, Joaquin Castro mengatakan, sulit meninggalkan pertemuan itu dan meyakini ”pemerintahan Trump tidak akan menyasar imigran sebanyak mungkin”.

Castro mengatakan satu-satunya pencecualian adalah penerima Tindakan Pencegahan bagi Imigran Anak-anak (DACA), para imigran yang datang ke Amerika ketika masih kecil dan dilindungi oleh program yang dicanangkan mantan presiden Barack Obama.

“Satu-satunya keengganan tampaknya adalah apakah mereka akan menyasar penerima DACA. Lain dari pada itu setiap orang bisa menjadi sasaran mereka,” kata Castro.

Presiden Donald Trump mengeluarkan instruksi pada minggu pertamanya menjabat, yang memulai penegakan peraturan imigrasi yang lebih luas.

“Banyak warga yang secara ilegal masuk ke Amerika dan mereka yang tinggal setelah masa tinggalnya habis, atau melanggar ketentuan visa mereka merupakan ancaman bagi keamanan nasional dan keselamatan publik," menurut inpres itu.

Anggota-anggota Kongres dari pertemuan hari Kamis itu mengatakan dari 686 imigran gelap yang ditangkap selama razia minggu lalu, 120 tidak punya catatan kriminal.

ICE mengatakan selama operasi penegakan “yang ditarget” petugas kerap mendapati tersangka tambahan yang mungkin melanggar undang-undang imigrasi federal. Orang-orang itu akan diselidiki kasus demi kasus dan jika diperlukan ditangkap oleh ICE, menurut kantor itu.

“Mereka mengatakan kita bisa, dan harus mengharapkan penangkapan dan deportasi lebih banyak tahun ini," kata anggota Kongres Linda Sanches seorang Demokrat dari California.

Hanya 10 anggota Kongres Partai Demokrat yang diijinkan menghadiri pertemuan dengan pejabat direktur ICE sementara yang lainnya diminta untuk meninggalkan ruangan. [my/al]

XS
SM
MD
LG