Tautan-tautan Akses

Calon Dubes untuk Israel Pilihan Trump Ditentang 5 Mantan Dubes AS


Pengacara David Friedman di Manhattan, New York, 21 Juni 2016 (Foto: dok).

Sehari setelah Presiden Amerika Donald Trump dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberi kesan persatuan dalam pertemuan di Gedung Putih, komisi Senat mengadakan sidang pengukuhan bagi orang yang dipilih Trump untuk menjadi duta besar Amerika untuk Israel.

Komisi Hubungan Luar Negeri Senat dijadwalkan hari Kamis (16/2) untuk menanyai pengacara David Friedman, pendukung kuat pemukiman Israel dan penganjur pemindahan kedutaan Amerika di Israel ke Yerusalem dari Tel Aviv.

Kelompok lima mantan duta besar yang pernah memegang jabatan itu di bawah kepresidenan Republik dan Demokrat mengirim surat kepada Komisi Judikatif yang mengatakan Friedman mempunyai “pandangan yang ekstrim dan radikal.”

Mereka menulis bahwa Friedman pernah mengatakan ia tidak yakin bahwa illegal bagi Israel untuk mencaplok Tepi Barat, dan menyebut solusi dua negara bagi konflik Israel-Palestina “solusi khayal untuk masalah yang tidak ada.”

Pemerintahan Trump telah mengatakan bahwa dengan Friedman sebagai duta besarnya, hubungan Amerika-Israel akan menjadi “teladan kerjasama dan penghormatan.”

Trump mengemukakan pendapat hari Rabu (15/2) ia terbuka bagi alternatif untuk solusi dua negara. Ini kemungkinan akan menghentikan usaha puluhan tahun diplomasi Amerika yang bertujuan menciptakan negara Palestina yang merdeka dan berdampingan dengan Israel. [gp]

XS
SM
MD
LG