Tautan-tautan Akses

Trump Ampuni Mantan Pelaut yang Potret Kapal Selam Rahasia


ARSIP – Presiden Donald Trump berbicara dalam sebuah rapat kabinet di Gedung Putih, Kamis, 8 Maret 2018, di Washington, D.C. (foto: AP Photo/Evan Vucci)
ARSIP – Presiden Donald Trump berbicara dalam sebuah rapat kabinet di Gedung Putih, Kamis, 8 Maret 2018, di Washington, D.C. (foto: AP Photo/Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump mengampuni seorang mantan pelaut Angkatan Laut yang dipenjara satu tahun karena memotret ruang-ruang kapal selam yang dirahasiakan.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders hari Jumat mengatakanTrump "menghargai" pengabdian pelaut Angkatan Laut, Kristian Saucier, kepada negara.

Sanders mengatakan pengabdian militer Saucier terpuji dan telah diakui oleh anggota AL lainnya "atas dedikasi, keterampilan dan semangat patriotiknya.''

Saucier mengaku bersalah pada 2016 karena mengambil foto di dalam ruangan-ruangan kapal selam USS Alexandria yang dirahasiakan pada tahun 2009.

Saucier dalam persidangan mengatakan ia hanya ingin kenang-kenangan dari dinasnya di kapal selam itu. Namun, jaksa menuduhnya sebagai pelaut yang tidak puas dalam pekerjaan dan membahayakan keamanan nasional. Jaksa juga mengatakan Saucier melenyapkan bukti setelah diinterogasi.

Trump menyebut kasus Saucier ketika ia berkampanye dalam pemilihan presiden sebagai cara untuk mengecam penggunaan server email pribadi calon presiden Hillary Clinton ketika ia menjadi menlu. Trump mengatakan Clinton seharusnya diadili atas tindakannya, karena orang-orang yang melakukan kejahatan lebih ringan, seperti Saucier, telah diadili. [my/ds]

XS
SM
MD
LG