Tautan-tautan Akses

AS

Trump Aktifkan Garda Nasional ke California, New York dan Washington


Anggota Garda Nasional mendirikan tenda untuk pusat tes virus corona di lahan parkir FedEx Field di Landover, Maryland, di luar Kota Washington D.C, 21 Maret 2020. (Foto: AP)

Presiden AS Donald Trump mengaktifkan Garda Nasional AS di tiga negara bagian yang dilanda wabah virus korona terparah -- California, New York dan Washington.

Dalam konferensi pers Gedung Putih yang berlangsung selama 90 menit, Minggu (22/3) sore, presiden mengatakan garda itu akan berada di bawah komando ketiga gubernur itu. Tugas Garda Nasional adalah membantu mendirikan stasiun-stasiun medis federal dan mendistribusikan ratusan ton masker, gaun rumah sakit, respirator dan perangkat lain.

Trump telah menyetujui deklarasi bencana besar untuk negara bagian New York dan Washington dan mengatakan akan melakukan langkah serupa untuk California pada Minggu (22/3).

Sejumlah gubernur, termasuk Andrew Cuomo dari New York, telah meminta Gedung Putih untuk menasionalisasi upaya untuk memperoleh perangkat medis. Mereka mengeluh karena harus saling bersaing untuk mendapatkan pasokan yang tersedia.

"Pemerintah federal seharusnya memerintahkan pabrik-pabrik untuk memproduksi masker, gaun, ventilator, perangkat medis esensial yang akan membuat perbedaan dalam hal hidup dan mati," kata Cuomo dalam konferensi pers Minggu (22/3) di Albany.

"Tidak sulit membuat masker atau APD (alat pelindung diri), atau gaun rumah sakit, tetapi perlu perusahaan-perusahaan untuk melakukannya."

Trump mengatakan kapal rumah sakit Angkatan Laut AS Mercy, akan dikerahkan di lepas Los Angeles dan sebuah kapal lain, Comfort, akan dikirim ke Pantai Timur dalam beberapa minggu, kemungkinan akan berlabuh di Pelabuhan New York. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG