Tautan-tautan Akses

AS

Trump: 3 Produsen Otomotif akan Produksi Ventilator


Perawat Letnan Gretta Walter menunggu kedatangan pasien tes virus corona di ruang gawat darurat di Rumah Sakit Fort Belvoir, di Fort Belvoir, Virginia, 18 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Presiden AS Donald Trump, Minggu (22/3), mengatakan tiga produsen mobil AS -- General Motors, Ford Motor dan Tesla -- telah mendapat lampu hijau untuk memproduksi dengan cepat ventilator dan produk logam lainnya yang diperlukan untuk merawat pasien virus corona yang mematikan.

“Lakukan, eksekutif otomotif, kita lihat seberapa hebatnya kalian," kata Trump lewat Twitter.

Sebagian politisi partai Demokrat mengecam Trump dari partai Republik karena tidak menggunakan kewenangan era Perang Korea 1950an untuk memaksa perusahaan-perusahaan AS memproduksi perangkat medis untuk melawan penyebaran virus corona. Sejauh ini Trump belum memberikan perintah langsung, tetapi memuji upaya-upaya sukarela yang dilakukan oleh perusahaan raksasa AS.

Dalam cuitan terpisah, Trump berterima kasih kepada Frederick Smith, kepala eksekutif layanan pengiriman barang FedEx, "atas layanan darurat cepat yang kalian lakukan di seluruh negara kita. Lanjutkan!"

Kepala Badan Manajemen Darurat Federal AS (Federal Emergency Management Agency/FEMA) Peter Gaynor mengatakan kepada CNN, Minggu (22/3), bahwa Trump belum memberlakukan UU Produksi Pertahanan untuk memaksa perusahaan-perusahaan untuk memproduksi masker, ventilator dan perangkat medis lain. Pasalnya, barang-barang itu dibuat secara sukarela. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG