Tautan-tautan Akses

Trudeau: Kanada akan Setujui Perjanjian Perdagangan Amerika Utara


PM Kanada Justin Trudeau

PM Kanada Justin Trudeau hari Selasa (21/1) mengatakan, Kanada akan secara resmi memberi persetujuan bagi Perjanjian Perdagangan Amerika Utara minggu depan.

Trudeau mengatakan, pemerintah akan menyerahkan sebuah mosi ketika Parlemen bersidang pada 27 Januari dan RUU untuk diratifikasi dua hari kemudian.

Kata Trudeau jutaan warga Kanada bergantung pada perdagangan yang stabil dan handal dengan mitra dagang mereka yang terbesar.

Perjanjian itu akan menghilangkan hambatan hukum terakhir dalam persetujuan dengan Amerika dan Meksiko itu.

Minggu lalu, Senat Amerika sudah meloloskan RUU implementasi dari persetujuan baru itu.

Pemerintahan Trudeau menunggu Amerika untuk secara resmi meratifikasi pakta itu sebelum menyusun RUU-nya, dan Meksiko sudah meratifikasi kesepakatan itu bulan Juni.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin hari Selasa (21/1) mengatakan, kesepakatan perdagangan baru-baru ini dengan China, Meksiko dan Kanada, akan mendorong pertumbuhan ekonomi tahun ini, tetapi krisis berkelanjutan seputar pesawat Boeing 737 MAX membebani kinerja.

Menkeu AS Steven Mnuchin
Menkeu AS Steven Mnuchin

Dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Mnuchin mengatakan, ia menilai proyeksi terbaru Dana Moneter Internasional (IMF) - yang memangkas perkiraan pertumbuhan Amerika menjadi 2,0 persen tahun ini dan 1,7 persen tahun 2021 - terlalu pesimistis. Ia percaya, isu-isu itu, termasuk dihentikannya pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX telah mengurangi sekitar 0,5 hingga 0,7 persen tingkat pertumbuhan Amerika.

Tanggal 13 Maret 2019, pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX di seluruh dunia dihentikan setelah dua kecelakaan yang merenggut nyawa 346 orang.

Sementara itu pertumbuhan di Amerika juga "jelas terhambat oleh perlambatan di seluruh dunia," imbuh Mnuchin.

Senat Amerika bulan ini menyetujui perjanjian perdagangan baru antara Amerika, Kanada dan Meksiko. Amerika dan China

juga menandatangani kesepakatan yang sudah ditunggu untuk mengurangi friksi perdagangan.

"Tidak diragukan, ekonomi Amerika lebih unggul daripada negara manapun," ujar Mnuchin pada forum itu. (jm/ka)

Recommended

XS
SM
MD
LG