Tautan-tautan Akses

Trump, Demokrat Hampir Sepakat tentang Revisi Kesepakatan Dagang


Presiden Donald Trump (tengah) bersalaman dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disaksikan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto usai menandatangani kesepakatan perdagangan baru antara AS, Kanada, dan Meksiko, di Buenos Aires, Argentina, 30 November 2018.

Laporan-laporan berita mengatakan Partai Demokrat dan Gedung Putih hampir sepakat mengenai perubahan pada perjanjian perdagangan yang ditandatangani oleh Amerika, Kanada, dan Meksiko tahun lalu. Perjanjian itu belum diratifikasi.

Perjanjian AS-Meksiko-Kanada, yang dikenal sebagai USMCA, akan menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang ada saat ini, atau NAFTA. Presiden Donald Trump menyebut NAFTA sebagai "kesepakatan perdagangan terburuk" yang pernah ditandatangani AS. Trump membuat perundingan ulang NAFTA sebagai janji kampanyenya selama pemilihan presiden 2016.

NAFTA mulai berlaku pada 1990-an selama pemerintahan Presiden AS Bill Clinton.

Senat Meksiko menerima perubahan terhadap USMCA setelah perundingan intens dengan Amerika. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mendesak Ketua DPR Nancy Pelosi menyetujui kesepakatan itu.

"Sudah waktunya, momen yang tepat," kata Lopez Obrador pada konferensi pers.[my/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG