Tautan-tautan Akses

AS, Kanada dan Meksiko Hampir Sepakati Perjanjian Perdagangan Baru


Presiden AS Donald Trump mendorong disepakatinya perjanjian dagang baru USMCA sebagai pengganti NAFTA, dalam pidato di Milwaukee, Wisconsin (foto: dok).

Perunding perdagangan Meksiko hari Jumat (30/11) mengatakan optimis akan dicapainya perjanjian perdagangan Amerika utara yang baru minggu depan, setelah bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Ottawa.

Perunding Amerika, Meksiko dan Kanada tahun lalu menandatangani perjanjian dagang baru untuk menggantikan perjanjian perdagangan bebas NAFTA yang dicapai tahun 1994, tapi hanya Meksiko yang telah meratifikasi perjanjian baru itu.

“Kalau semua amandemen yang diajukan bisa diterima, termasuk berbagai perbaikan, tidak ada alasan mengapa kita tidak bisa berjabatan tangan minggu depan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Jesus Seade kepada wartawan.

Perjanjian baru itu telah diberi nama USMCA, singkatan dari Amerika, Meksiko dan Kanada.

Pertemuan Seade dengan wakil PM Kanada Chrystia Freeland dipusatkan pada perubahan-perubahan dalam perjanjian itu dan juga tambahan-tambahan yang diminta Amerika.

Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi mendukung pernyataan pejabat Meksiko itu dan menambahkan, “Perjanjian final sudah di ambang pintu.”

Kanada mengatakan akan meratifikasi perjanjian dagang baru itu bersamaan dengan Amerika. (ii/pp)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG