Tautan-tautan Akses

AS

Pengawas Buruh AS Tidak Diizinkan Langsungkan Pemeriksaan di Meksiko


Wamenlu Meksiko, Jesus Seadedalam konferensi pers di Meksiko, 10 Desember 2019. (Foto: dok).

Seorang wakil menteri luar negeri Meksiko mengatakan, ia tidak merundingkan kesepakatan dagang yang akan mengizinkan lima pengawas buruh AS melangsungkan pemeriksaan di Meksiko.

Jesus Seade, dalam beberapa cuitannya di Twitter, mengatakan, ada alasan sederhana mengapa pengawas buruh AS tidak diizinkan di Meksiko. Undang-undang Meksiko melarangnya, kata Seade.

Selasa lalu, Meksiko, AS, dan Kanada menandantangani kesepakatan AS-Meksiko-Kanada, atau USMCA, yang direvisi untuk menggantikan Kesepakatan Perdagangan Bebas Amerika Utara, atau NAFTA. Senat Meksiko meratifikasi kesepakatan baru itu dua hari kemudian.

Sewaktu legislasi untuk memberlakukan kesepakatan dagang itu diperkenalkan di Kongres AS, legislasi disertai ketentuan yang menyarankan penempatan hingga lima atase perdagangan AS untuk memonitor reformasi perburuhan Meksiko. Seade dengan segera menyatakan keberatan atas ketentuan itu.

Para pengecam Seade di Meksiko mengatakan, ia dan beberapa pejabat lain di pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador telah gagal meneliti secara seksama apa isi kesepakatan baru itu dan terlalu tergesa menyetujuinya. Namun Seade mengatakan, tidak ada ketentuandalam kesepakatan dagang yang baru diratifikasi itu yang mengotorisasi keberadaan pengawas buruh AS di Meksiko. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG