Tautan-tautan Akses

Somalia Ambil Tindakan untuk Hentikan Siklus Kelaparan


Para perempuan dan anak-anak Somalia yang meninggalkan tempat tinggalnya akibat kekeringan (paceklik), antri untuk mendapatkan bantuan makanan di Mogadishu, Somalia.

Pejabat senior PBB mengatakan Somalia mengambil langkah konkret untuk menghentikan siklus darurat kemanusiaan yang berulang dengan membangun institusi yang lebih tangguh.

Lebih dari seperempat juta orang di Somalia meninggal pada tahun 2011 ketika kekeringan menimbulkan paceklik. Meskipun sudah banyak peringatan tentang kekurangan bahan pangan tahun ini, bencana kelaparan serupa tidak terjadi.

Direktur Program Pembangunan PBB di Somalia, George Conway, mengatakan ini jelas menunjukkan bahwa paceklik dapat dihindari. Dia mengatakan paceklik dapat dicegah jika tindakan bersama diambil dan kondisi yang memicu kelaparan secara efektif ditangani dan diatasi.

George Conway, melalui telepon dari ibu kota Mogadishu mengatakan, "Tahun ini ... meski kondisi kekeringan jauh lebih buruk daripada yang kita lihat pada tahun 2011, paceklik bisa dicegah, dan ini adalah hasil dari banyak faktor. Deklarasi dini pemerintah tentang bencana nasional, seruan dini PBB untuk pendanaan guna mencegah kelaparan, respon yang cepat dan murah hati dari para donor internasional dan peningkatan bantuan yang besar - semuanya berkontribusi."

Selain itu, katanya, kemajuan dalam pembangunan negara dan institusi, pemerintahan yang lebih efektif dan investasi dalam menstabilkan ibu kota regional yang penting, telah memungkinkan tanggapan lebih kuat daripada yang bisa dilakukan pada tahun 2011.

PBB memohon lebih dari $5 miliar untuk memberikan bantuan yang menyelamatkan nyawa bagi hampir 3,4 juta orang Somalia tahun depan.

Menurut Conway, upaya pemulihan dan pembangunan ketahanan jangka panjang membutuhkan dana sekitar $ 1,7 miliar dalam tiga sampai lima tahun ke depan. [as]

XS
SM
MD
LG