Tautan-tautan Akses

1.000 Anggota Pasukan Perdamaian akan Tinggalkan Somalia


Anggota pasukan 'African Union Mission in Somalia' (AMISOM) saat melakukan patroli di pinggiran Mogadishu, Somalia (foto: dok).

Pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika akan mulai menarik diri dari Somalia bulan depan, kata kepala misi Uni Afrika di negara tersebut.

Francisco Madeira mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Mogadishu bahwa 1.000 tentara dari lima negara anggota pasukan itu- Uganda, Burundi, Ethiopia, Kenya dan Djibouti - akan pulang.

"Karena itu, pemindahan pasukan telah dimulai di berbagai belahan negara ini dan akan berlanjut dalam beberapa minggu mendatang," kata Madeira Selasa. "Ini adalah proses penataan kembali akibat pengurangan jumlah tentara dan juga memulai proses penyerahan tanggung jawab keamanan nasional kepada pasukan keamanan nasional Somalia."

Anggota misi Uni Afrika, yang disebut AMISOM, telah memperingatkan selama lebih dari setahun mereka dapat menarik pasukan dari Somalia. AMISOM telah membantu pemerintah Somalia memerangi kelompok militan al-Shabab sejak 2007.

Menurut Madeira, penarikan akan dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa keamanan orang Somalia tidak terancam. [as]

XS
SM
MD
LG