Tautan-tautan Akses

AS Menyasar ISIS dalam Serangan Udara di Somalia


Militan al-Shabab melakukan latihan di pinggiran Mogadishu, Somalia (foto: dok). Jumlah total serangan udara AS di Somalia tahun ini menjadi 30, 28 di antaranya terhadap al-Shabab.

Satu orang teroris tewas dalam serangan udara di Somalia yang dilakukan oleh pasukan AS dalam koordinasi dengan pemerintah Somalia, kata militer AS hari Senin (27/11).

Serangan terhadap anggota ISIS itu dilakukan sekitar pukul 3 sore waktu setempat pada hari Senin di Somalia timur laut, menurut pernyataan Komando Afrika-AS.

"Pasukan AS akan terus menggunakan semua tindakan yang diperbolehkan dan tepat untuk melindungi warga negara AS dan mengagalkan ancaman teroris, termasuk kemitraan dengan AMISOM dan Pasukan Keamanan Nasional Somalia (SNSF) dalam operasi kontraterorisme gabungan dan menyasar teroris, kamp pelatihan mereka, dan tempat mereka berlindung di seluruh Somalia dan kawasan ini," kata pernyataan tersebut.

Serangan Senin membuat jumlah total serangan udara AS di Somalia tahun ini menjadi 30, 28 di antaranya terhadap al-Shabab. Ini adalah serangan kedua terhadap anggota ISIS, yang pertama dilakukan awal bulan ini.

Serangan udara yang intensif dan pertempuran baru antara pasukan pemerintah dan militan telah memaksa lebih dari 10.000 orang melarikan diri dari rumah mereka di Somalia, menurut Dewan Pengungsi Norwegia (NRC).

Dalam sebuah pernyataan, NRC mengatakan pertarungan darat baru di wilayah Shabelle Tengah dan Bawah telah menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi. [as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG