Tautan-tautan Akses

114 Tahanan Somalia dari Ethiopia Tiba di Mogadishu


ARSIP – Dubes Somalia untuk Ethiopia, Mohamed Ali Nur, dalam sebuah foto yang diambil di Nairobi bulan September 2013, mengucapkan terima kasih pada Ethiopia atas dilepaskannya 114 tahanan (foto: AP Photo/Khalil Senosi)

Lebih dari 100 warga Somalia, yang baru-baru ini dibebaskan dari fasilitas penahanan Ethiopia dan diserahkan ke pemerintah Somalia, tiba di Mogadishu hari Sabtu, demikian dikatakan pejabat pemerintah kepada VOA.

Ke-114 tahanan tersenyum dan sebagian dari mereka langsung sujud mencium tanah begitu turun dari pesawat. Orangtua dan kerabat yang menunggu di Bandara bersorak dan menangis.

Pejabat pemerintah mengatakan kepada media setempat, warga Somalia itu ditahan di penjara-penjara Ethiopia karena berbagai pelanggaran, termasuk datang ke negara itu secara "ilegal."

Jamaludin Mustafa Omar, duta besar Ethiopia untuk Somalia yang mendampingi tahanan dari Ethiopia, mengatakan langkah itu merupakan pertanda hubungan baik antara kedua negara.

Pembebasan tahanan Somalia itu menyusul pembicaraan antara Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khayre dan rekannya dari Ethiopia, Hailemariam Desalegn, di sela-sela KTT ke-29 Kepala Negara Uni Afrika baru-baru ini di ibukota Ethiopia, Addis Ababa.

Duta Besar Somalia untuk Ethiopia, Mohamed Ali Nur, yang menemani para tahanan, berterima kasih kepada Etiopia karena telah memberi mereka amnesti. [ka]

XS
SM
MD
LG