Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Hantam Pejuang Dukungan AS di Suriah Timur


Asap mengepul di kota Raqa, Suriah utara, (3/9) saat Pasukan Demokratik Suriah (SDF), aliansi pasukan Kurdi yang didukung Amerika Serikat, berperang untuk merebut kembali kota tersebut dari kelompok Negara Islam (IS). (Foto: dok).

Pasukan yang didukung oleh Amerika di Suriah mengatakan serangan udara Rusia telah melukai enam pejuang di dekat kota Deir el-Zor, Suriah timur.

Komando Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang mayoritas beranggotakan etnis Kurdi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan hari Sabtu itu terjadi di sisi timur Sungai Eufrat di kawasan industri yang baru saja dibebaskan dari kelompok Negara Islam atau ISIS.

Kelompok pemantau yang menamakan dirinya Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris mengukuhkan serangan udara tersebut, tetapi mengatakan tidak jelas apakah hal itu dilakukan oleh pesawat tempur Rusia atau Suriah.

Pejuang SDF telah bergerak maju melawan ISIS di tepi timur Sungai Eufrat sementara pasukan pemerintah Suriah dan sekutu mereka berusaha menerobos dari sisi barat untuk menyerang ekstremis itu. [lt]

XS
SM
MD
LG