Tautan-tautan Akses

AS Tahan Warganya yang Bergabung dengan ISIS di Suriah


Pasukan pemberontak menembakkan senjata ke arah kota Tell Rifaat yang berada dibawah kekuasaan Pasukan Demokratis Suriah di utara provinsi Aleppo, Suriah. 22 Oktober 2016.

Seorang warga Amerika yang bertempur untuk ISIS di Suriah sekarang berada dalam tahanan Amerika setelah menyerahkan diri kepada milisi Suriah dukungan Amerika.

“Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menyerahkan seorang warga negara Amerika yang menyerahkan diri kepada SDF sekitar 12 September,” kata juru bicara militer Mayor Marinir Adrian Rankie Galloway kepada VOA hari Kamis (14/9).

Personil kementerian pertahanan menahan orang itu sebagai “pejuang musuh” dan mengatakan tahanan itu akan dibawa ke Amerika secara manusiawi, menurut Rankie Galloway.

“Kita akan mengejar militan ISIS tidak soal kewarganegaraannya,” tambahnya. Ada laporan simpang siur mengenai di mana teroris warga Amerika itu menyerahkan diri, ada yang mengatakan di Raqqa ada lagi yang mengatakan di Deir el-Zour.

Sementara itu, milisi dukungan Amerika yang memerangi ISIS di Suriah timur tidak berniat masuk ke kota Deir el-Zour, menurut seorang juru bicara militer Amerika, sehingga mengurangi kemungkinan bentrokan antara mitra-mitra koalisi dan pasukan pemerintah Suriah di kota itu. [ds]

XS
SM
MD
LG