Tautan-tautan Akses

Serangan Taliban Tewaskan 13 Tentara Afghanistan 


Tentara Afghanistan usai bentrokan dengan militan Taliban (foto: ilustrasi).

Taliban menarget pos-pos militer di dua provinsi Afghanistan barat dan selatan negara itu, menewaskan 13 tentara dan memicu baku tembak selama berjam-jam dengan militer, kata beberapa pejabat hari Rabu.

Dalam satu serangan di provinsi Farah barat, gerilyawan menyerang sebuah pos keamanan, menewaskan sembilan tentara dan melukai empat lainnya. Serangan itu terjadi Selasa malam di distrik Pusht Road, kata juru bicara Mohammad Naser Mehri.

Baku tembak intensif empat jam menyusul di mana militan menggunakan artileri melawan tentara, kata Mehri. Pesawat tempur Afghanistan dikerahkan dan 17 pejuang Taliban tewas, tambahnya.

Serangan kedua terjadi di provinsi tetangga Herat, di sebuah pos militer di distrik Kushki Kuhna, di mana dua tentara tewas dan lima lainnya cedera, menurut juru bicara militer Herat, Najibullah Najibi.

Serangan itu berlangsung beberapa jam sampai tentara itu mendorong mundur Taliban, kata Najibi. Dia menambahkan, Taliban menderita 'korban berat' namun tidak memberi jumlah yang pasti.

Dan di provinsi Uruzgan selatan, Taliban menyerang sebuah pos militer di distrik Chura, juga pada Selasa malam, menewaskan dua tentara dan mencederai enam lainnya, kata gubernur distrik Aminullah Khailqi.

Sebelum melarikan diri dari tempat kejadian, Taliban merebut semua senjata dan amunisi. Tidak ada komentar langsung dari Taliban mengenai serangan tersebut, namun gerilyawan telah melancarkan serangan ke seluruh penjuru Afghanistan, dan dua minggu terakhir ini sangat mematikan bagi pasukan Afghanistan. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG